6 Langkah Sederhana Untuk Memulai Pola Hidup Sehat

Menjaga kesehatan di tengah pandemi virus corona dan cuaca yang berubah-ubah saat ini terjadi menjadi sangat penting. Kondisi tubuh yang sehat dan fit akan membuat imunitas kuat, sehingga membantu tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit dan virus-virus. Menjaga kesehatan tak selalu harus dilakukan dengan cara rumit. Berikut beberapa cara sederhana yang dapat diterapkan untuk memulai pola hidup sehat.

1. Menjaga Makan

Langkah pertama dalam menjaga makanan Anda adalah pastikan kalau makanan dalam piring Anda memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Anda bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, mi, ubi, atau kentang. Jadi, tak harus nasi terus.

Perhatikan pula porsi makan Anda. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah Anda mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik lho.

Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, Anda juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Anda bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

2. Kurangi Gula dan Garam

Cara hidup sehat selanjutnya yaitu Anda harus menghindari gula dan garam. Kurangi atau bahkan hindari berbagai macam makanan manis yang banyak gula. Hal ini disebabkan karena asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes.

Selain itu, kelebihan sodium juga bisa meningkatkan tekanan darah dan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. Cara pola hidup sehat adalah dengan memperhatikan konsumsi garam. Jadi, memasak untuk diri sendiri adalah pilihan teraman untuk menjalankan cara pola hidup sehat.

3. Tidur yang Cukup

Tidur sangat penting bagi kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkorelasi dengan banyak penyakit termasuk obesitas dan penyakit jantung. Sangat disarankan meluangkan waktu untuk tidur yang baik dan berkualitas. Jika sepertinya tidak bisa tidur dengan benar, terdapat beberapa cara untuk memperbaikinya, seperti tidak minum kopi di sore hari dan coba tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari.

4. Banyak Minum Air Putih

Minum air yang cukup dapat membantu menjaga fungsi otak yang sehat, konsentrasi, dan suasana hati yang positif. Selain itu, air dapat membantu menurunkan berat badan dengan membuat rasa kenyang dan meningkatkan berapa banyak kalori yang dibakar. Jika kesulitan meminum air putih yang cukup, coba untuk minum satu gelas setiap kali makan.

5. Rajin berolahraga

Olahraga tak melulu harus jogging atau pergi ke gym. Anda bebas melakukan berbagai jenis olahraga yang memang Anda sukai. Jika Anda suka bersepeda atau berenang, maka jangan ragu untuk melakukannya. Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh Anda akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat.

6. Hindari Stress

Beban hidup memang sudah berat, terkadang mendatangkan stres. Gejala fisik yang ditimbulkan adalah sakit kepala, sakit perut, meningkatnya tekanan darah tinggi, dada terasa sakit hingga susah tidur.

Berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang Anda kerjakan adalah hal lumrah. Ketika Anda sedang merasa tertekan, cobalah untuk menepi sebentar di tempat yang sepi. Tenangkan diri Anda sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya yang Anda senangi. Misalnya, membaca, menulis jurnal, atau pun bermain dengan hewan peliharaan. Intinya, buatlah diri Anda merasa nyaman dengan cara yang Anda senangi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *